top of page
Search
  • Writer's pictureshelly

Yamaha YZF R6 The Real Sport Bike


Generasi paling baru dari Yamaha R6 pada akhirnya telah launching dengan penampilan yang lebih fresh serta tentu saja sporty. Bahkan juga, motor sport full fairing bikinan pabrik berlogo garpu tala itu beritanya telah mengaspal di Thailand. Tetapi, sampai detik ini di Indonesia sendiri masih tetap jual R6 type usang. Tentunya ada keinginan tinggi dari pihak beberapa customer dengan menekan pihak Yamaha Indonesia untuk selekasnya membawa Yamaha R6 ini ke Tanah Air. Bukan tanpa ada fakta mengingat motor sport full fairing yang satu ini mempunyai design sporty serta mewah dengan beberapa kelebihan yang begitu menarik. Dengan demikian, tidak bingung bila banyak pihak yang menunggu-nunggu hadirnya di pasar otomotif Indonesia. Tidak cuma itu saja, yang membuat customer semakin kepincut pada motor ini yakni jumlahnya ketidaksamaan yang diusung generasi baru dari Yamaha R6 paling baru dibandingkan vs lawasnya. Bukan tanpa ada fakta, sekarang penyegaran yang diaplikasikan pada Yamaha R6 sendiri mengangkat ide design yang hampir serupa dengan mode R1. Di mana, kesan-kesan agresif serta futuristik juga semakin terlihat kuat hiasi penampilan body fisiknya. Diluar itu, kelebihan yang dipunyai motor sport bikinan Yamaha yang satu ini pula terdapat pada rangkanya yang cukuplah mudah tetapi kuat memiliki bahan magnesium hingga akan memberi kenyamanan dalam berakselerasi. Selain itu, Yamaha R6 ini pula diyakinkan akan diberi dapur picu andal dengan membawa mesin DOHC memiliki 599 cc. Yang manakah, walau mesin yang dipakai miliki kemampuan sama juga dengan R6 lama, tetapi performnya berlainan. Ini karena rekonsilasi standard emisi Euro 4 yang diklaim ramah lingkungan. Tidak sampai disana saja, bahkan juga akan ada banyak feature anyar yang tersemat di R6 genersi baru untuk bikin perasaan berkendara lebih menyenangkan.


Kemunculan Yang Sudah Di Nanti-Nanti

Nah, untuk kenal lebih jauh kelebihan dari pembaharuan pada Yamaha R6 ini, baca saja penjelasan Mas Sena tentang detail serta harga Yamaha R6 berikut ini! Merujuk atas penampilan yang akan dipertunjukkan design dari detail Yamaha R6 nampaknya pasti akan jadi satu diantara bidang yang mempunyai daya tarik tertentu. Lumrah saja mengingat pembaharuan yang akan diaplikasikan pada motor sport full fairing garapan Yamaha ini pula menyentuh sisi penampilan fisiknya. Di mana, kesempatan ini Yamaha R6 akan mengangkat ide design yang hampir serupa dengan sang kakak, YZF-R1. Hal tersebut dapat disaksikan dari tiap-tiap bagian bodynya. Dari depan, terlihat Yamaha akan mengangkat ide ala MotoGP dengan headlamp moderen berteknologi LED nan tajam hingga makin menguatkan kesan-kesan agresif. Sesaat lampu penting ditempatkan cukup ke bawah. Pergantian lainnya, windscreen serta fairing didesain demikian rupa supaya lebih aerodinamis dengan kurangi drag coefficient sekitar delapan %. Lampu sein yang semula berada di body, sekarang dirubah terintegrasi dengan spion. Lalu, untuk sisi sebelahnya pula terlihat satu tangki memiliki 17 liter yang dibuat demikian sporty seperti MotoGP Series dengan lekukan tegas serta tajam yang membuat makin demikian terlihat sport serta mewah. Lantas, dikit mundur ke belakang, motor ini akan ada dengan mengangkat jok terpisah bertingkat pada jok pengemudi serta penumpang untuk memberi tempat riding yang nyaman ciri khas motor sport. Tidak sampai disana saja, Yamaha R6 ini pula akan mengangkat knalpot moderen berbentuk Titanium Muffler with Exup Sistem yang makin menegaskan kehandalannya menjadi motor sport full fairing saat ini. Lalu, dibagian belakang pula tampak stop lamp moderen yang diberi tehnologi LED. Tentunya, bila kita lihat keseluruhannya, bidang design fisik pada body dari detail Yamaha R6 ini memang demikian menarik serta mewah.

Selain itu di lain sisi, ada satu bidang yang pantas untuk kita ulas, yakni speedometer pada detail Yamaha R6. Kenapa? Karena bidang ini jadi satu diantara sisi yang mempunyai daya tarik tertentu. Lumrah mengingat speedometer di sini adalah fragmen yang akan memberi informsi penting berkaitan situasi motor. Nah, untuk mendukung hal itu jadi kesempatan ini Yamaha R6 akan mengangkat panel digital-analog yang akan tampilkan beberapa informasi penting. Untuk panel digital, akan memberi informasi tentang Trip Mtr., Odo Mtr., Average, jarak tempuh Km/jam, Model berkendara, tempat gear serta GPS. Sedang di lain sisi, panel analog yang dibawa cuma cukuplah memberi informasi mengenai rpm. Tidak sampai disana saja, bahkan juga Yamaha R6 ini juga akan diberi dengan beberapa lampu tanda berbentuk lampu netral, lampu sein, lampu jarak jauh (high beam), tanda ABS, serta tanda pengingat suhu. Tentunya dengan kelengkapan informasi yang ditampilan panel tanda dari detail Yamaha R6 itu akan membuat makin informatif.


Mesin Dengan Kekuatan Sepuluh Ribu HSP

Sedang di bidang lainnya, sekarang Mas Sena akan membahas di bagian dimensi body yang dibawa detail Yamaha R6. Seperti dengan yang telah disebutkan diatas, motor sport full fairing ini memang mempunyai style design dengan ide sport yang begitu aerodinamis. Hal tersebut tentu saja pula tidak terlepas dari susunan rangka yang sekarang mengangkat rangka Aluminium Deltabox hingga berkesan kuat namun mudah. Diluar itu, ukuran bodynya pula dipandang baik di mana kesempatan ini Yamaha R6 ini akan dibuat lewat dimensi dengan ukuran panjang 2040 mm, lebarnya 705 mm, tinggi 1095 dengan jarak sumbu roda 1375 mm serta mempunyai berat 189 Kg. Dengan demikian jadi motor ini akan terlihat aerodinamis serta nyaman waktu berakselerasi. Tidak sampai disana saja, bahkan juga pihak Yamaha juga sudah bangun dimensi pada motor sport bikinannya itu dengan tinggi tempat duduk 850 mm dan dibikin dengan ukuran ground clearance baik setinggi 130 mm. Oleh karena itu, tidak bingung bila dengan rangka serta ukuran dimensi pada detail Yamaha R6 yang demikian baik itu akan memberi tempat berkendara yang nyaman serta aman.


Di satu bagian hubungannya dengan dimensi, pada detail Yamaha R6 ini pula mempunyai kaki-kaki yang cukuplah andal serta kuat. Masalahnya menjadi motor sport yang mempunyai body cukuplah berat, pasti bidang kaki-kaki jadi sisi penting untuk mengawasi konsistensi. Oleh karena fakta itu jadi kesempatan ini Yamaha R6 akan memercayakan suspensi Upside-down Telescopic 41 mm dibagian depan serta Swingarm (link suspension) Monoshock di bagian belakang. Tentunya dengan kehadiran ke-2 suspensi itu maka membuat kesetimbangan berkendara jadi lebih optimal dan dapat menahan tiap-tiap getaran waktu lewat jalanan yang berlubang. Di satu bagian, Yamaha R6 ini pula akan diberi dengan velg sporty dengan ukuran 17 inci yang siap dibalut ban andal. Yakni ban memiliki ukuran 120/70 ZR17M/C (58W) untuk sisi depan serta 180/55 ZR17M/C (73W) di bagian belakang. Tidak sampai disana saja, bahkan juga Yamaha juga sudah lengkapi motor sport bikinannya itu dengan rem Hydraulic Dual Disc memiliki ukuran 310 mm serta Hydraulic Single Disc yang mempunyai diameter 220 mm. Diluar itu, bidang pengereman yang diusung detail Yamaha R6 ini pula telah diberi tehnologi ABS untuk memberi kualitas rem yang lebih optimal.


Penampilan Yang Lebih Terlihat Padat


Setelah itu, pada fragmen setelah itu kita akan mulai melihat kelebihan detail Yamaha R6 ini pada bidang ruangan picu atau mesinnya. Memang, variasi generasi paling baru motor sport yang satu ini akan memercayakan kemampuan mesin yang tidak berlainan jauh dengan variasi awal mulanya. Di mana, saling mengangkat mesin Liquid-cooled, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves dengan kemampuan 599 cc. Tetapi, untuk masalah perform, nampaknya bekalan mesin yang diusung Yamaha R6 vs paling baru ini sedikit akan berlainan dengan mode terdahulu. Masalahnya didapati jika mesin yang dibawa motor sport ini dapat menyemburkan power optimal sampai 118.4 Ps pada 14.500 rpm serta torsi yang dibuat hanya 61,7 Nm pada 10.500 rpm. Berlainan dengan variasi dahulu yang diklaim dapat menyemburkan power optimal lebih andal sampai 123.7 Ps serta torsi 65.7 Nm. Meski begitu tetapi kesempatan ini Yamaha R6 masih dapat memberi hasil yang optimal serta ramah lingkungan. Masalahnya ruangan mesin yang dibawa motor ini pula telah diberi dengan skema supply bahan bakar Fuel Injection dan telah bersertifikasi Standar Emisi EURO 4 yang diklaim akan ramah lingkungan. Dengan demikian jadi tidak bingung bila bidang permesinan yang diusung detail Yamaha R6 ini jadi sisi yang lumayan menarik.


Di satu bagian, pada detail Yamaha R6 ini juga akan diberi dengan beberapa feature mutakhir yang mempunyai fungsionalitas tinggi. Hal tersebut pasti sebagai alat untuk lengkapi atau lebih persisnya memberi kenyamanan ataupun jamin keselamatan pemakai dalam berkendara. Satu diantara feature yang cukuplah andal untuk mendukung yakni terdapatnya feature pengereman ABS yang akan memberi kualias rem lebih prima dan menahan berlangsungnya ban selip. Hingga keselamatan juga jadi lebih terjamin. Selain itu, Yamaha R6 ini pula telah diperlengkapi dengan panel tanda digital-analog dengan model pengendaraan yang demikian informatif. Tidak sampai disana saja, pihak Yamaha pula sudah lengkapi bidang rung picunya dengan skema fuel injection serta telah besertifikasi EURO 4 yang diyakinkan akan membuat performnya lebih efisien serta efektif. Dengan demikian jelas telah jika detail Yamaha R6 ini memang termasuk andal serta mutakhir.


4 views0 comments
bottom of page